Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945. PKN : 4 Pokok Pikiran yang Terkandung dalam UUD 1945

Isi dan Pokok Pikiran Pembukaan Undang

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Pokok pikiran ini mengacu pada Pancasila sila ketiga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua! Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mempunyai hubungan yang kausal dan organis dengan pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berhentinya Presiden Soeharto ditengah krisis ekonomi dan moneter yang sangat memberatkan kehidupan masyarakat Indonesia menjadi awal dimulainya era reformasi. Pokok pikiran ini identik dengan Sila ke-5 dari Pancasila. Jadi jangan sampai ya membuat Pancasila sebagai bahan guyonan atau candaan yang menjatuhkan Pancasila, sebaliknya sebisa mungkin jaga nama baik Pancasila. Suasana kerokhanian Persatuan dan Kerakyatan memberikan sifat dan ciri Konstitusi pertama negara Indonesia merupakan suatu satu kesatuan dengan peraturan perundang-undangan lainnya, sehingga merupakan suatu kesatuan Tertib Hukum Nasional Indonesia. Dasar falsafah bangsa dan pandangan hidup bangsa tersebut telah berakar dan tumbuh berabad-abad lamanya dalam kalbu dan sejarah bangsa Indonesia dan telah ditempa dan diuji melalui perjuangan yang panjang dan pengorbanan.

Next

ISI ALINEA DAN POKOK PIKIRAN PEMBUKAAN UUD1945

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Fungsi dan tujuan negara Indonesia secara gamblang ditegaskan dalam alinea ini, yakni untuk melindungi segenap bangsa Indonesiadan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan dunia yang berdasarkan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketrtiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Pasal 36A Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Pada akhir sidang pertama, ketua sidang membentuk sebuah panitia yang terdiri dari 8 orang dan diketuai oleh Ir. Rumusan ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah satu, tidak dapat dipecah-pecah. Pernyataan kemerdekaan itu sendiri barulah awal dari proses pembangunan bangsa ini menuju kepada negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Pancasila menjadi asas kerokhanian yang menjadi sumber nilai, norma serta kaidah moral maupun hukum negara. Sejak tanggal 14 Nopember 1945, kekuasaan pemerintah tidak dipegang oleh Presiden, tetapi dipegang oleh Perdana Menteri sebagai pimpinan kabinet dengan para menteri sebagai anggota kabinet yang secara bersama-sama atau sendiri-sendiri.

Next

Hakikat Pokok Pikiran Pembukaan UUD 45

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Pasal 30 1 Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Menurut Jean Bodin, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi terhadap warganegara dan rakyat tanpa suatu pembatasan undang-undang. Hal ini disebabkan karena dalam kurun waktu tahun 1945-1949 Indonesia memusatkan segala upaya untuk mempertahankan kemerdekaan, karena pihak kolonial Belanda ingin menjajah kembali Indonesia yang sudah merdeka. Sebagai dasar Negara , Pancasila merupakan dasar nilai serta norma untuk mengatur penyelenggaraan negara. Soeroso, yang tugasnya menyusun Dasar Indonesia Merdeka Undang-Undang Dasar. Dengan demikian jelaslah bagi kita bahwa Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, baik secara formal maupun material tidak dapat diubah. Berikut ini merupakan fungsi utama undang-undang dasar adalah ….

Next

PASAL

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan pengertian atau beberapa contoh sikap yang bisa dilakukan untuk menghargai dasar hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, Undang-Undang Dasar memuat tentang mewajibkan budi pekerti yang luhur serta selau memegang teguh cita-cita moral rakyat. Dengan tetap menyadari makna nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan dengan memperhatikan hubungan antara Pembukaan dan pasal-pasal, maka dapatlah disimpulkan bahwa Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang memuat dasar falsafah negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, bahkan merupakan satu rangkaian kesatuan nilai dan norma yang terpadu. Meskipun setiap suku bangsa Indonesia mempunyai corak masing-masing, keseluruhannya secara garis besar dan dalam pokok dasarnya mengandung persamaan. Jika sebelum perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bab ini terdiri dari dua pasal, yaitu Pasal 35 dan Pasal 36, maka setelah perubahan menjadi lima pasal, yaitu Pasal 35, Pasal 36, Pasal 36A, Pasal 36B, dan Pasal 36C. Setiap lembaga negara, lembaga masyarakat, dan setiap warga negara wajib memperjuangkan pokok-pokok pikiran tersebut menjadi kenyataan.

Next

4 Pokok Pikiran Utama dalam Pembukaan UUD 1945

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Pokok pikiran pertama : Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadailan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung Pokok-pokok pikiran yang dijelmakan dan dikongkritisasikan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dua cabang kekuasaan negara yang seharusnya dipisahkan dan dijalani oleh lembaga negara yang berbeda, tetapi nyatanya berada di satu tangan presidan yang menyebabkan tidak bekerjanya prinsip saling mengawasi dan saling mengimbangi checks and balances dan berpotensi mendorong lahirnya kekuasaan yang otoriter. Aliran inilah yang kemudian dikenal sebagai paham negara persatuan integralistik atau kekeluargaan. Konvensi merupakan beberapa aturan-aturan dasar yang ada dan dipelihara hukumunya dalam praktek penyelenggaraan negara.

Next

makalah Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pokok pikiran pasal pasal dalam uud negara republik indonesia tahun 1945

Ternyata Pancasila merupakan salah satu dasar hukum negara karena memiliki kelima sila yang mencakup segala kepribadian Indoenesia. Pokok pikiran ini merupakan penjabaran dari sila ketiga Pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa tekad yang kuat dan keyakinan pada kekuasaaan Tuhan, dapat menjadi faktor pendorong dan penentu keberhasilan sesuatu. Empat pokok pikiran ini merupakan penjelasan dari inti alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pendirian tersebut itulah yang melandasi dan mengendalikan politik luar negeri kita. Dari rumusan tersebut nampaklah bahwa para founding fathers kita sejak semula menghendaki terbentuknya suatu negara kesatuan, negara yang bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, pokok pikiran adanya negara persatuan.

Next